Ngaji Ilmu Hadis

🥇 *Ngaji Ilmu Hadis* #09
بسم الله الرحمن الرحيم

📌 *Lafadz-Lafadz Periwayatan Yang Terdapat Dalam Hadis*

*(Bagian Kedua)*

Sebelumnya disebutkan sekelumit pengertian periwayatan menggunakan _as-sama'_ dan _al-qiraah_, para ulama mengatakan bahwa periwayatan dengan cara _as-sama'_ itu paling tinggi dari cara yang lain. Yang membedakan antara cara _as-sama_' dan _al-qiraah_ adalah lafadz yang digunakan sebagaimana disebutkan sebelumnya, walaupun banyak terjadi perbedaan pendapat. Cara periwayatan selanjutnya adalah :

📍 *Al-Ijazah*

- فالإجازة تعريفها *الإذن بالرواية لفظا أو كتابة.*
وصورتها أن يقول الشيخ لأحد طلابه "أجزت لك أن تروي عني صحيح البخاري".

- Definisi al-Ijazah (memberi lisensi periwayatan) adalah *pemberian izin (dari seseorang kepada orang lain) untuk meriwayatkan Hadis, baik secara lafadz atau tulisan.* Deskripsinya, seorang guru berkata kepada salah satu muridnya : "saya berikan lisensi (izin) kepadamu untuk meriwayatkan _shahih al-Bukhari_ dari saya"

- أنواع الإجازة كثيرة. وألفاظ الأداء : 
١- *أن يقول* "أجازني لي فلان".
٢- *ويجوز* بعبارات السماع والقراءة مقيدة، مثل "حدثنا *إجازة"* أو "أخبرنا *إجازة"*.
٣- *اصطلاح المتأخرين* : "أنبأنا"، واختاره صاحب الكتاب 'الوجازة' (أبو العباس الوليد بن بكر المعمري).

 - Cara al-ijazah ini banyak jenisnya (dalam al-Taisir ada 5 dan di dalam al-Tadrib ada 9 tetapi yang disebutkan hanya 7). Dan lafadz penyampaian yang digunakan untuk cara al-ijazah ini adalah :
1. *Dia berkata* 'si fulan memberikan lisensi (izin) periwayatan kepadaku'.
2. *Boleh* menggunakan ungkapan cara _as-sima'_ dan _al-qiraah_ namun dengan diberi keterangan, seperti _'haddatsana *ijazatan'*_ atau _'akhbarana *ijazatan'*_.
3. Ulama _al-mutaakhirin_ (ulama Hadis yang hidup pada abad ke-4 dan seterusnya) mengistilahkan dengan _"anbaana"_, dan itu yang dipilih oleh Abu al-'Abbas al-Walid bin Bakr al-Ma'mari penulis kitab _'al-Wijazah fi Tajwizi al-Ijazah'_.

📍 *Al-Munawalah*

- فالمناولة ضربان، الأول : مقرونة بالإجازة فتجوز الرواية بها، والثاني : مجردة عن الإجازة فلا تجوز الرواية بها. وألفاظ الأداء :
١- *الأحسن* أن يقول : "ناولني" أو "ناولني وأجاز لي" إن كانت المناولة مقرونة بالإجازة.
٢- *ويجوز* بعبارات السماع والقراءة مقيدة، مثل "حدثنا *مناولة*" أو "أخبرنا *مناولة وإجازة"*.

- Al-Munawalah (penyerahan) ada dua macam. Pertama, _munawalah_ yang disertai dengan _ijazah_, maka periwayatan seperti ini diperbolehkan. Kedua, _munawalah_ tanpa _ijazah_, maka yang ini tidak diperbolehkan. Dan lafadz penyampaian Hadis dengan cara _munawalah_ adalah :
1. *Yang terbaik* dia mengatakan : _"nawalani"_ atau _"nawalani wa ajaza li"_ jika munawalahnya disertai dengan _izajah_.
2. *Boleh* dengan ungkapan cara _as-sima'_ dan _al-qiraah_ yang diberikan keterangan, seperti _"haddatsana *munawalatan*"_ atau _"akhbarana *munawalatan wa ijazatan*_.

📍 *Al-Kitabah*

- فالكتابة هي *أن يكتب الشيخ مسموعه لحاضر أو غائب بخطه أو بأمره.* وهي ضربان، الأول : مقرونة بالإجازة، فالرواية بها صحيحة، وهي في الصحة والقوة كالمناولة المقرونة. والثاني : مجردة عن الإجازة فمنع الرواية بها قوم وأجازها آخرون، والصحيح الجواز عند أهل الحديث. وألفاظ الأداء :
١- *التصريح بلفظ الكتابة*، كقوله "كتب إلي فلان".
٢- الإتيان بألفاظ السماع والقراءة مقيدة، كقوله "حدثني فلان أو "أخبرني *كتابة*".

- Al-Kitabah (penulisan) : *seorang guru menuliskan Hadis yang diterimanya untuk muridnya yang hadir atau yang tidak hadir dengan Hadis yang dia tulis sendiri atau merupakan tulisan dari orang yang dia perintahkan.* Cara ini ada dua macam. Pertama, _al-kitabah_ dengan _ijazah_, maka cara ini boleh. Kedua, _al-kitabah_ tanpa _ijazah_, untuk cara ini ada yang melarangnya dan ada juga yang membolehkannya, dan pendapat yang benar adalah boleh menurut ahli Hadis. Dan lafadz penyampaian cara ini adalah :
1. *Dengan lafadz _al-kitabah_* : seperti _"kataba ilayya fulan"_.
2. Menggunakan lafadz cara _as-sama'_ dan _al-qiraah_ yang diberi keterangan, seperti _"haddatsani fulan atau akhbarani *kitabatan"*_.

( تدريب الراوي في شرح تقريب النووي للسيوطي - تيسير مصطلح الحديث لمحمود الطحان)
-------------------------------

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumus Penyusun Kitab Hadis Dalam Menentukan Nama Perawi Terakhir